Pemerintah Usulkan Usia Menikah Minimal 19 Tahun

Agen Casino

Pemerintah Usulkan Usia Menikah Minimal 19 Tahun – Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Wanita serta Perlindungan Anak (PPPA), Lenny N Rosalin menjelaskan pemerintah akan menyarankan umur perkawinan minimum 19 tahun, baik untuk pria atau wanita. Hal tersebut dituangkan untuk membuat revisi UU Nomer 1 Tahun 1974 mengenai Perkawinan.

“Pemerintah telah mengakhiri naskah akademik, naskah perancangan undang-undangnya serta lakukan harmonisasi,” tuturnya seperti dikutip Di antara, Jumat (12/7/2019).

Lenny menjelaskan Menteri PPPA Yohana Susana Yembise telah mengirim surat pada Presiden Joko Widodo untuk minta supaya menerbitkan surat presiden hingga koreksi Undang-Undang Perkawinan dapat selekasnya diulas bersama dengan DPR. Menurutnya, koreksi Undang-Undang Perkawinan harus mengusahakan penambahan umur minimum perkawinan hingga tidak berlangsung perkawinan anak.

“Perkawinan anak adalah pelanggaran hak anak. Umur perkawinan yang rendah akan berefek pada pemenuhan hak-hak anak,” tuturnya.

Bahasan mengenai koreksi UU Perkawinan oleh pemerintah cuma fokus pada Masalah 7 Ayat (1) yang mengatakan perkawinan cuma diperbolehkan jika pria telah berusia 19 tahun serta wanita telah berusia 16 tahun.

“Azas koreksi Undang-Undang Perkawinan ialah kesetaraan. Tidak bisa ada diskriminasi. Kesamaan substantif serta nondiskriminasi. jadi tidak dibedakan di antara lelaki serta wanita,” tuturnya.

Umur 19 tahun pada akhirnya diambil, katanya, sebab telah melewati umur anak yang menurut Undang-Undang Nomer 23 Tahun 2002 mengenai Perlindungan Anak diputuskan sampai 18 tahun.

Prinsip yang diprioritaskan ialah kebutuhan paling baik buat anak Indonesia, dari mulai kebijaksanaan, program, serta pekerjaan, demikian Lenny N Rosalin.